5.10.08

Bogor Udik




Balik ke soal ziarah. Hari Sabtu pagi ini Mas Andri berinisiatif mengajak ortu gue untuk ziarah.
Sebenrnya rencana sebleumnya itu hari minggu.
tapi ada 1 hal yg bkin kita semua jadi berinisiatif pergi ke makam di Jasinga sana.
Bahwa katanya nyokap gue mimpi di tidur siangnya. Mimpi ketemu almh. Nenek (ibunya nyokap) dan alm. abang tertua gue, tapi dimimpinya itu Nenek gue seperti yg mencegah abang gue untuk ketemu nyokap. Abis itu Alm nenek ngambek deh.
Kira2 begitu inti ceritanya.
Mungkin memang bener mimpi yg nyokap alamin itu semacem pertanda, kenapa nyokap gue dan anak2nya belum juga 'mengunjungi' mereka.
Mungkin juga itu sebabnya almarhumah Nenek gue ngambek, hihihi..
Hampura nya' Nek.. (bahasa inggrisnya: MAAP gituh, hehe). Akhirnya ini kami datang semua untuk kirim doa...


Seperti biasa klo ziarah kesini kita semua pasti mampir dirumah Mang (sm kyk paman) Piyan (nama asli Sofian), Mang Pe'i (nama asli Safe'i), dan Bi Pi'ah (aslinya Sofiah) yaitu cucu dari adiknya nenek gue dari pihak nyokap (mdh2an ga bingung lo). Hehehe..namanya aja masih nama jaman dulu gitu ya..!
tiga keluarga ini tinggal berdampingan. Dan ini yg seru, masing2 keluarga rata2 punya anak di atas 10 orang!! Wooow... subur yak?! Udah kyk kesebelasan banget disini. Umur mereka cuma terpaut sekitar 1,5 s/d 2 tahun. Jadi jumlahin sendiri deh brp anak disitu. Pembagian angpao disini paling banyak, hehe.
luar biasanya, walopun mereka hidup di desa yg notabene makanan dan minuman jg gak se-modern kita, apalagi susu formula buat bayi, beuhh..kaga pake deh! Tapi mereka tumbuh sehat dan montok2 lho!
Minimal sekali untuk perawatan anak yaitu imunisasi di puskesmas. Tapi banyak dari mereka sekarang udah besar2. Udah banyak yg merantau keluar kota untuk bekerja.

Rumah mereka (dan makam keluarga) berada di Jasinga. Masih kabupaten bogor tapi jaraknya kira2 2 jam perjalanan dari Bogor kota. Biasa gue sebut.. BOGOR UDIK. Hehehe..
Jadi bisa dibayangin lah ya, suasana nya desa banget pastinya.
Jaman dulu di daerah sini enak bgt, sawah subur2, hawanya dingin, tapi sekarang... udah panaaaasss..! Tapi anehnya, sepanas apapun kota Bogor, pada saat setelah Ashar pasti turun hujan. Oh iya, intermezzo sedikit, ada tebakannya kan.. Kenapa Bogor dijuluki sebagai kota hujan???? jawabnya, krn syapa juga yg mo nyiramin Kebun Raya Bogor segede gitu klo bukan ujan. hehehehehee..
Lanjuut, dulu dirumah Mang Piyan ini juga masih terasa sejuk. Udah gitu rumahnya masih rumah panggung. Tapi seiring kemajuan jaman (halahhh) akhirnya lama klamaan rumahnya di pasang tegel. Tapi klo urusan dapur, mereka ini masih menggunakan kayu bakar untuk masak2.
Seru deh.. gue suka sok tau pengin nyalain kayu bakar dgn ditiup2 gitu, tapi yg ada gue malah batuk2. Hahahaa..!

masak nasinya aja masih pake gituan... hehe.. gue lupa apa namanya..




Cahya, anak tertua Mang Piyan




Sementara kita semua pergi ke Makam (jarak makam ke rumah ini deket bgt) istri dan anak2 Mang Piyan masak untuk makan siang. Sedap nihhh... sepulangnya dari Makam kita udah disiapin makan siang yg menunya ikan bandeng goreng, ikan asin, telor dadar, tumis kacang ijo, lalap daun singkong, timun+terong bulet, dan yg paling maknyuss disini adlh sambelnya!!
Sederhana sih, tapi klo suasana disini makanan2 begitu justru terasa paling sedap.
Biasanya minumnya teh tawar anget, tapi krn lg panas begitu, gue minta dibeliin Teh Botol dingin... hehehe.. apapun makanannya, minumnya teh botol sosro... iklan dehhhh..
Begini ini kita klo lg dateng ke sini. Semua yg disajiin pastinya hasil sendiri. Ikan, ayam, kelapa, lalap2an, buah2an (kecapi, jambu klutuk, jeruk, manggis, mangga), singkong, rangginang, dan sbagainya deh-mereka bikin dan punya lahan sendiri!
Terakhir kemarin gue liat mereka lg nanam terong ungu. Hohoo.. mas andri ngiler bgt liatnya.
Tapi sayang blm begitu mateng, jadi blm bisa dipetik.



"Wuiihh..sambelnya itu lho stiiiiieee... pedes maknyusss"




Nambah yg kesekian kali nehh.. hehehe



Selesai makan, ngobrol2, dan kita pun pamit pulang. Krn gue ada janji sama temen2 SMP untuk ketemuan sekaligus halal bi halal di Mol Klp Gading-sorenya.

Alhamdulillah ya Allah... untuk berkah dan kenikmatan pada hari ini di keluarga kami...

No comments: