22.4.08

God.. please don't leave me alone...



fyuugh.. belum selesai program pembuahan dijalanin, ada kendala lain yang harus gue hadapin. Selama ini memang gue selalu terganggu dgn nyeri haid yg luar biasa setiap bulan. Memang sejak pertama kali gue bertemu dan diperiksa dgn Prof. Ichram (I’am), dia sdh melihat adanya indikasi Endometriosis, dan memang gue belum pernah share soal ini diposting. Tapi saat itu indikasi yg keliatan masih samar2.

Tapi ternyata kali ini bener2 serius. Lewat gejala yg gue sampein ke Prof. Iam, ternyata si kista itu sempet ter diagnosa. Tapi waktu itu terbilang masih indikasi ringan. Prof. iam coba tanganin kendala yg gue alamin satu per satu, termasuk pengobatan terhadap virus Rubella yg sempat hinggap dirahim dan terapi PLI yg masih gue jalanin.

Akhirnya kontrol rutin kemarin gue dinyatakan ada Kista dan Endometriosis. Itu sebabnya kenapa gue selalu merasakan nyeri yg luar biasa hebat, sampai gue ga bisa melakukan aktivitas apapun kecuali terbaring ditempat tidur, merintih, nungging, bahkan untuk jalan ke kamar mandi saja gue kesulitan.

Sebenarnya jauh sebelum menikah gue sempet memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dari gejala yang gue ceritakan dan USG juga, dokter bilang semua masih dalam keadaan normal. Cuma metabolisme tubuh gue yang kurang baik jadi kondisi itu terjadi pada gue, karena… gue ga olah raga..! dan belum termasuk orang yg berpola makan baik. Dan nyeri / kram perut itu pasti terasa disaat darah haid pertama keluar. Tapi kalo si empunya badan menerapkan pola hidup yang sehat, rasa sakitnya gak akan sesakit yg gue alamin saat ini.

Jadi kuncinya cuma : makan makanan bergizi, olah raga teratur, dan banyak minum air putih hangat. Gue sadarin memang gue ga pernah melakukan yg namanya olah raga, kaloupun iya, cuma sesekali aja. Sekarang baru gue rasain akibatnya.

Sebelumnya gue diberi resep obat hormon, dan obat untuk menghentikan darah mens. Oiya, salah satu gejala Endo adalah siklus haid yang ga teratur. Tapi nyatanya malah darah nya ga mau berenti. Makanya senin pagi gue buru2 daftar tuk kontrol ke Prof Iam.

Oke.. setelah semua di periksa lagi.. akhirnya Prof Iam putuskan gue harus Laparaskopi. Apaan tuwh..?? Laparoskopi itu “Suatu tindakan pembedahan dengan menggunakan alat khusus (kamera mikro) untuk masuk ke dalam tubuh kita.Melalui lubang kecil (± 2 mm) yang dibuat pada dinding perut, alat bantu seperti teropong video, laser, dsb, ahli bedah dapat melakukan sesuai dengan rencana terapi terhadap pasiennya” begitu penjabaran Prof. Iam.

Yahh.. mudah2an setelah ini ga ada masalah yg berarti, dan pengobatan si kista & si endo ga memakan waktu lama. Prof. Iam pun semangat memberikan pelayanan nya yg terbaik supaya pasiennya yg satu ini cepet HAMIL. Hehe..

Istilah Laparoskopi ini sebenernya udah cukup familiar di kuping gue. Krn beberapa kerabat dan teman dekat pun punya pengalaman yg sama. Tapi... Gosh..! gue ga nyangka akan mengalami hal yg sama. At least gue punya sedikit bayangan gimana prosesnya nanti. Tapi walopun gue udah tau juga, tetep berasa deg2an siih..

Sedihkah gue..? udah pasti..
Stress..? apalagi..

tapi gue ga mau berlarut2 dengan itu semua. gue cuma bisa berdoa dan optimis bisa laluin ini semua. Bismillah hirohmanirrohim… mudah2an jalan gue dilancarin sm Allah SWT. Ada suami yang (awalnya juga sedih, tapi krn dia positive thinker jadi cepat ‘bangkit’ lagi tuk menguatkan gue, I lOVE U MAS!) support gue supaya tetep kuat dan berani melewati ini semua. Keluarga, juga kalian2, temen2 blogger, gue percaya kalian pasti doain & dukung gue. Thank you in advance.
Laparoskopinya sendiri blm tau kapan dilaksanainnya. Yg pasti setelah gue selesai mens. Krn dia juga pengaruh dgn perhitungan masa menstruasi. Nanti gue akan up date terus perkembangannya.


So, wish me a very luck ya guys..

3 comments:

Adhini Amaliafitri said...

mbak isty..YOU CAN DO THAT!!
ayoo, lawan penyakitnya..dan berpikiran positif, krn dpt memberi energi yg luar biasa.
insyallah semua baik2 aja,,
aku doain dari sini mbak'ku sayang!^_^

*nanti klo dah sembuh qta fitness brg yahh!!hahaha..dasarrr dhini!;)*

Anonymous said...

Sty, aku juga waktu belom hamil suwakitnya kalau mens kayak apaan tau. Aku bisa sampe keringet dingin - muka pucet - bibir biru dan beberapa kali nyaris pingsan karena ga bisa nahan sakitnya. Dulu kupikir ini bisa menghalangi aku hamil.. Tapi alhamdulillah sih setelah sebulan nikah, ehh mensnya berhenti.. Nah itu kenapa ya? Apa ketidak seimbangan hormon tadi?

Soalnya abis melahirkan aja, aku udah mens dan sakitnya balik lagi tuh kayak dulu :( sama aja.. Padahal kata orang, kalau udah punya anak, mens nya gak sakit lagi. Ternyata gak berlaku di aku.

Pokoknya aku doain selaluu.. moga semua usahamu membuahkan hasil yaaahh.. gak sabar denger ceritamu yang isinya morning sickness, mood swing dll :) semangat selaluuuu!!!

Unknown said...

Salam kenal...
Kebetulan saya mau program hamil dgn dr Ichramsyah juga. Mudah2an bisa saling sharing ya.