16.7.08

Miriiiss...


Sekarang setiap pagi setelah keluar dari stasiun Manggarai, gue gak lagi naik ojek. Melainkan jalan kaki dari stasiun sampai ke terminal Manggarai. Alasannya sudah pasti bagus lah, biar sehat (ciyehh.. gaya gue!) dan juga segar. Lumayan kan jaraknya.

Ada pemandangan yang sering bikin gue miris ngeliatnya begitu gue melewati terowongan Manggarai, disebelah kiri jalan (arah manggarai/saharjo) ada seorang perempuan, masih muda, duduk di trotar jalan dan seorang anak bayi (gue perkirakan umurnya di bawah 1 thn) yg sedang lelap tertidur dipangkuan perempuan tersebut. Kulitnya putih bersih, gemuk, pakai anting emas pula. Didepan mereka ada 1 gelas bekas kemasan air mineral. Jadi kesimpulannya: dia mengemis. Dengan tameng seorang bayi, berharap orang2 akan simpati dan memberi sepeser uang.

Ngeliat penampilan dari si bayi, rasanya kok sangat gak pantas sekali dia berada disitu. Entah ya itu ibu si bayi atau bukan. Rasanya juga perempuan itu masih mempuyai fisik yang lengkap atau gak cacat. Yang seharusnya dia masih bisa melakukan sesuatu untuk mencari nafkah. Kenapa sih hrs ngemis dipinggir jalan.. gue gak tega sama si bayi yang scara langsung menghirup debu, asap kendaraan. Duwh.. kebangetan. Seharusnya si bayi dapet asupan gizi yang baik, at least gak dibiarin dipinggir jalan begitu, belom lagi resiko kena 'senggol' kendaraan yang lewat. Memang pemandangan kyk gini gak cuma gue temuin di terowongan manggarai, tapi di jalan2 / lampu merah misalnya juga banyak sekali. Huff...*memelas*

Rasanya masih banyak kerjaan yg bisa perempuan itu kerjain selain mengemis. Mmh.. jadi pembantu rumah tangga lah minimal. Masih lebih terhormat ketimbang cuma minta2. Bukan apa2, gue jadi inget pernah ada cerita banyak dari anak2 dibawah umur yg jd korban penculikan dan dijadiin budak sama "bos2" pengamen, pengemis, dll. Supaya kita2 kasian dan pasti ngasih beberapa receh dan selembar uang 1000an. Apa iya bayi tadi juga salah satu diantaranya yah..?

Gue gak mempermasalahkan nominal duitnya, tapi gue sangat2 prihatin ngeliat nasib anak2 tsb, yang seharusnya dia bisa sekolah, main, belajar.. tapi ini malah beredar di jalan2. Kayaknya suasana jalanan udah gak asing lagi buat mereka. Padahal gue aja sendiri ngeri banget ngeliat mereka, apalagi yg masih2 kecil (balita), lari2an di lampu merah. Ngeri kalo sampe mereka keserempet / ketabrak. Astagfirullahaladziim...

Mending gue doain tu bayi biar selamat, panajng umur, kuat, sehat, walopun tumbuh di lingkungan yg kurang mendukung.
Makanya buat yg udah punya anak, supaya lebih waspada yah!
Skrg lingkungan jakarta udah gak aman lagi, bahkan lingkungan rumah skalipun.

No comments: