3.7.08

God.. please dont leave us alone...


Allah sedang menguji keluarga besar gue. Cerita pertama.. 2 minggu yang lalu, kakak sepupu yg tinggal di bogor mengalami kritis. Dia memang 3 thn ini menderita Lever akut (Hepatitis C). karena keterbatasan materi saat ini, jadi penyakitnya cuma diobati seadanya. Itupun diselingi sama pengobatan alternatif. Akhirnya 2 minggu yan lalu bener2 ga bisa dibiarkan..semua kluarga bawa dia ke RSD Cibinong. Benar2 prihatin ngeliat keadaannya. Hari ke 4 di RSD Cibinong, dia ga sadarkan diri. Kami (gue sekeluarga) semua berangkat ke Cibinong dan semua sudah pasrah dgn keadaannya. Saat itu gue ga percaya dgn keadaannya.. TAPI gue yakin Allah masih bersama dia. Gue terus2an berdoa supaya dia diberkahi, di kasih kesembuhan. Alhamdulilah ga lama kemudian dia bangun. Tapi masih dengan rasa putus asa, krn menahan rasa sakit yg luar biasa. Ntah kenapa, gue ngotot untuk membimbingnya supaya selalu ‘minta’ kepada Allah. Dia pun keukeuh nyerah “ga kuat isty… ga kuat”. Sementara keluarga yg lain menangis, gue-yang paling optimis akan kebesaran Allah-meyakinkan dia bahwa dia pasti bisa, dia masih harus melihat anaknya tumbuh besar. waloupun dokter udah mengeluarkan pernyataan ‘cuma mukjizat Allah yg bisa menyembuhkannya’. Tapi.. alhamdulilah.. Allah masih menolongnya..semakin hari keadaannya semakin membaik. Sampai hari ini gue terima kabarnya (krn gue blm sempet jenguk dia lagi) sebentar lagi bakal pulang ke rumah.

Alhamdulillah ya Allah.. akhirnya engkau menolong sepupuku..

Cerita kedua.. keluarga gue yg lagi giliran dicoba. Hari minggu kemarin bokap gue muntah darah hebat di perjalanan pulang dari rumah gue-BSD. Bokap memang lagi kurang sehat belakangan ini. Tensinya agak naik, dan selalu ngeluh nyeri dibagian perut. Mirip gejala maag. Sempet pergi ke dokter untuk diperiksa. Hasilnya belum pasti krn dokter butuh neropong perut bokap dgn USG. Dan itu baru mau dilakukan belakangan, alas an dokter waktu itu bokap dating dgn keadaan perut terisi (habis makan) jadi ga bisa dilakukan USG saat itu juga. Sewaktu ada dirumah gue, memang bokap banyak mengeluh, pegel lah, perutnya ga nyaman lah, mukanya juga agak pucat. Sampe akhirnya nyokap, bokap, ade gue lia, dan sodara pada pamit pulang. Kira2 30 menit kemudian setelah mereka pulang, tiba2 Lia telfon. Nangis, heboh. Dia suruh gue untuk segera ke RS Mitra K. Gading krn bokap muntaah darah di mobil. Dang!!!! Seketika itu badan gue lemes ga berdaya.. swami bingung ga karuan. Akhirnya gue sampein berita itu ke Mas Andri. Buru2 kita berdua pergi menuju RSMKKG. Ga bisa gue pungkiri, saat itu perasaan gue kalut, bingung, takut, dsb. Tapi alhamdulilah gue masih bisa control dan berdoa, semoga ga ada yang serius dgn kejadian muntah nya bokap.
“ya Allah… jangan sekarang.. kuatkan ayah hamba, lindungi ayah hamba..”

Gue takuuuut sekali. Pikiran2 jelek mulai muncul. Gue takut kehilangan bokap. Gue belum siap.

Alhamdulillah.. bokap cepat ditangani di UGD. Gue pun sedikit lega waktu liat raut wajah bokap yang tegar. Walopun dalam hati deg2an juga. Selesai penanganan di UGD bokap dipindah ke ruang intermediate (kelas dibawah ICU) karena masih harus dipasang alat utnuk menghentikan pendarahannya. Belakangan disampaikan dokter jaga soal muntah darahnya, itu diperkirakan asalnya dari lambung. Bukan lever, paru2, jantung. Banyak factor yg jadi penyebabnya. Dulu banget, bokap memang punya riwayat sakit maag. Belum lagi kebiasaan rokok dan ketergantungan pada kopi. Juga waktu makan yg sering dia tunda2. jd mungkin ini keadaan terburuk buat lambungnya.
Alhamdulilaah, hari ke dua bokap sdh boleh dipindah keruang perawatan. Krn ga ada lagi reaksi muntah darah / buang air besar darah. Hari ke 4 dokter menyarankan untuk di Endoskopi. Supaya bisa dicari secara pasti sebab pendarahannya knp. Alhmdulilah.. hasilnya memang menunjukkan cuma kerusakan di lambung. Yang gue takutkan adalah Lever-nya juga ikut parah. Sekarang ini bokap masih dalam perawatan intensif. Masa pemulihan. Tugas gue, ade dan nyokap gue sekarang harus bisa pantau kesehatannya. Masalahnya, bokap adalah tipe orang yang cuek.. ga mau di kasianin.. jadi ya mesti ada orang yang ngingetin.

Astagfirullahaldziim… subhanaka inni kuntumminaldzolimin…

Semoga gue dan keluarga di beri kekuatan dalam menghadapi segala cobaan dari Nya.
Semoga keluarg kami selalu berada dalam lindunganmu, ya Allah…



1 comment:

Adhini Amaliafitri said...

mbak isty, aku mataku berkaca-kaca..dan meneteslah air mata ini!!hehehe..

terharu aku,
semoga ayahmu lekas diberi kesehatan lagi olah ALLAH. jangan pernah lelah untuk ingetin beliau mbakk! :)