18.2.08

Support for Indonesia movie


Sebenernya ini cerita minggu lalu yg belum sempet keposting. Minggu lalu saat gw msh dirumah recovery dari cacar, iseng-iseng gw nyoba jalan-jalan ke BSD Plaza. Sebenernya tujuan utama gw hari itu adalah nonton film, Indonesia. Cukup membosankan lah selama 10 hari lebih gw stay dirumah krn cacar air yg gw derita. Begitu dirasa kondisi gw udah enak (pdhal cacarnya br mongering) akhirnya gw putusin keluar rumah sebentar untuk nonton. Gw ajak Umi juga, sekali2 ajak dia jalan2 lah biar dia ga bosen gw tinggal dirumah tiap hari.

Dari jadwal2 film yg pas bwat gw, akhirnya film Hantu Jembatan Ancol yg gw pilih. Sebelum beli tiketnya, sempet keliatan sepintas gambar film yg bakal diputer untuk jam 7. Tp krn takut pulangnya kemaleman dan Mas Andri ga ada yg nyediain makan, jd gw lewatin aja.

Euukhh.. sperti biasa, film2 horor Indonesia itu STD (baca: standar) banget, tentang seorang cowok yang bunuh perempuan dan arwah perempuan itu balas dendam dengan cara selalu menampakkan sosoknya! Endingnya pun bisa ketebak sm gw! Tapi it’s OK, yg penting gw tau dan bisa buat referensi film2 yg pernah gw tonton. Intinya sih.. UNSATISFIED (sori yah).

Ahh.. rasa penasaran gw atas film yg gw liat sepintas tadi jd muncul lagi. Ternyata judulnya PEREMPUAN PUNYA CERITA (PPC). Diliat dari PH, sutradara, pemain2, kayanya ni film bagus. Okelah gw putusin untuk nonton lagi dan Umi juga mau. Sebelumnya gw telpon swami dulu. Alhamdulilah waktunya pas. Katanya dy bakal sampe rumah jam 9 dan sebelumnya udah makan dikantor.


PPC terdiri atas 4 film pendek yg ngelibatin 4 sutradara perempuan: Cerita Pulau, Cerita Yogya, Cerita Cibinong, Cerita Jakarta. Masing2 cerita mengisahkan segala permasalahan/ pengalaman yg dialami perempuan yg LUAR BIASA. Cerita2 itu sebenernya deket banget sm kehidupan kita (aborsi, HIV/AIDS, perdagangan perempuan, seksualitas, pengaruh internet) yang kadang masih segen diangkat topiknya untuk dibahas. Mungkin itu juga sebabnya film ini ga lama beredar dibioskop2. Kayaknya (ini sih menurut gw) orang2 ‘kita’ masih ga bisa/mau nerima kenyataan bahwa memang masalah2 tadi masih sering menimpa perempuan2 disekitar kita.

Yah.. apapun alesannya, 2 thumbs up buat para ibu2 sutradara yg udah ngarahin pemain yg gw akuin sangat total dlm bermain. Tonton deh buat yg blm nonton. Di bioskop udah ga beredar, jadi coba aja ntn dvd-nya.

No comments: