22.2.08

Plastik goreng..!


Seperti biasa setiap pagi gw sarapan dimobil on the way ke kantor. Menunya Oatmeals, the anget yg gw bawa pake termos kecil, dan pisang 1 buah. Konon, katanya sarapan menu Oatmeals bisa mengenyangkan perut & lebih sehat tentunya.

Guess not! Ternyata ga berlaku buat perut gw. Hehehe.. masih jam 10 gw udah laper ga tertahankan. Akhirnya gw inget Soleh yang berjualan nasi uduk di kantin belakang kantor gw. Biasanya menu di pagi harinya nasi uduk dan teman2nya (perkedel, ayam goreng/ayam rica, bihun/soun goreng, sambel grg kentang, dll.), siangnya dia sedia pecel lele, ayam dan ikan goreng gitu deh.

Gw ditemenin Mbak Wulan, room-mate yg duduknya pas dibelakang gw. Wah.. ternyta "menu pagi" nya udah abis dan beralih ke pecel lele & ayam. Waktu lagi asik2nya milih lauk yg mau dipesan, Mas Soleh lg siapin minyak goreng. Ngeliat wajan yg udah berisi minyak, kyknya ini minyak goreng (ukuran 1 kg) yg kedua kalinya yg diisi ke wajan.

Gw kaget banget wkt liat cara Mas Soleh nuangin minyak goreng kedalam wajan, bukan seperti biasa yg kita lakukan layaknya menuang minyak yg dikemas dalam plastik (dibuka karetnya , lalu dituang), tapi ini dengan cara: BAGIAN ATAS YG DILILIT KARET GELANG DIPEGANG, LALU BAGIAN BAWAH PLASTIKNYA DI TEMPEL DI WAJAN YG SUDAH PANAS.. DAN… “ceeessss”.. meleleh lah itu plastik dan minyak pun tertuang dgn simpelnya tanpa harus repot2 membuka lilitan karetnya. Shhiiiiiiiiiiiiiiiiiitttttttttttttttt…………!!!!!!!!!! (excuse my language!)

Gw bengong, speechless.. dalem ati "jd tu plastik ikut lumer di minyak & gw makan ayam gorengnya..??" sebaliknya, Mbak Wulan yg juga kaget spontan langsung ngomel ke Mas Soleh. “Soleh..!! kenapa bukanya begitu..!!!!!! kenapa sih ga dibuka aja karetnya?? Ga tau apa emg Mas Soleh lugu, pura2 bego tp tau, atau.. ah ga tau deh, dia jawab dengan santainya “kan biar ga ribet Mba Wulan…”. Tanpa ba bi bu lagi, akhirnya gw ngeloyor ke tempat mie ayam aja.
Keesokkan harinya.....
06.30 in the morning

Gw naik tije hari ini dan seperti biasa di drop swami di depan pintu masuk Ragunan. Gw jalan dengan santainya krn hari masih pagi dan orang2 juga blm terlalu rame.

Jarak antara gw turun mobil ke halte agak jauh. Gw sempet ngelewatin tukang gorengan pikul (bkn digerobak, red) dideket halte lagi siap2in minyak panas di wajan. Guess what ??? gw liat lagi penampakan 2 bungkus plastik minyak yg sdh kosong, dan BAGIAN BELAKANGNYA BOLONG DAN PINGGIRNYA ADA BEKAS LEPUHAN KENA PANAS!! Damn !! Dia pake cara yg sama!

Mampus ga si loe????

Bener2 ga mau lagi deh gw jajan gorengan sembarang tempat. Pada tau kan apa bahayany? Minyak yg di pke untuk menggoreng adalah minyak JELANTAH
ya kandungan plastik yg meleleh di wajan tadi udh pasti ikut masuk ke dlm badan kita.

Dikutip dari kompas.com :

Di Indonesia, plastik mayoritas masih terbuat dari bahan polimer kimia yang tidak dapat diurai mikroorganisme. Di negara lain, misalnya China, lazim digunakan bahan lain yang lebih ramah lingkungan dan dapat didekomposisi, yaitu polylaktida berbahan dasar selulosa macam bakteri, kitosan, kitin, dan tepung tumbuhan. Plastik tidak berbahaya selama itu belum berupa limbah. Jika itu sudah berupa limbah, apalagi dibakar, polutannya dapat mengancam kesehatan. Pembakaran plastik yang tidak sempurna, di bawah 800 derajat celcius, akan membentuk dioksin. Senyawa inilah yang berbahaya, ujarnya. Berdasarkan penelitian, senyawa dioksin dapat menimbulkan penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf, dan memicu depresi.

Cuyyy… masih ada yg suka gorengan2 ???Gw sih lg nyoba ga tergoda.. kalopun mau gw pilih2 tempat jualnya. Rumah mkn, yg stock minyaknya dikemas di jerigen. Tapi klo soal minyaknya jelantah / minyak bekas pakai masih agak susah dihindari. Secara, bo.. pake jelantha itu bikin gurih. Ya kan?.
Itulah.. jaman sekarang.. yg ENAK2 itu penyakit/racun. Yang GA ENAK itu malah OBAT / bikin sehat.

No comments: