5.8.08

In memoriam


Tepatnya 9 tahun yang lalu, 1 Agustus 1999. Nenek-ibu dari nyokap gue-berpulang ke Rahmatullah. She is 70 something. Setelah sekian kali mengalami stroke dan sempat dirawat di rumah sakit, akhirnya beliow pergi untuk kembali ke tempat yg lebih membuatnya damai dan tenang. Belom sempat gue dan keluarga gue reda dari kesedihan, tgl 3 Agustus 1999 tepatnya dua hari setelah kepergian Nenek, gue harus kehilangan kakak no.2 gue pergi (juga) untuk selamanya. Abang gue meninggal di umur yang masih sangat muda, blm genap 24 tahun. Dan dia ninggalin 1 anak perempuan yg cantik bernama Luna yg saat itu umurnya msh sangat kecil, 3 tahun. Dia memang menikah muda. Dan sedihnya, istrinya udah lebih dulu meninggal dunia krn menderita Lever. Jadi tgl 1 & 3 Agustus 2008 ini adalh tepat 9 taunnya kepergian mereka. Sekarang Luna udah kelas 1 SMP. Dia dirawat sama mama tua'nya (kakak dari mamanya luna, yg dah lama menikah dan blm jg di karuniai anak) dan tinggal di daerah Jati Padang.


Luna & Tante leyo.. saat idul fitri thn lalu


Sebenernya ini baru kesedihan pertama buat gue sekeluarga. 2 tahun kemudian tepatnya 5 Februari 2002, gue sekeluarga kembali bersedih krn abang tertua gue harus pergi mendahulukan kami semua untuk menghadap Ilahi. Dia menderita sakit Lever yg sdh sangat kronis. 2x menjalani perawatan di Rumah Sakit. Dan baru 2 minggu usaha berobat ke media alternative. Tapi ternyata Allah lbh sayang dia, dan setelah masuk RS yg ke 2xnya, abang gue pun pergi u/ selama2nya.

Berat, pastinya. Awal2 kepergian satu2nya abang gue sempet membuat gue down, stress, dan masih dlm keadaan gak percaya dan gak terima klo gue bener2 ditinggal. Terlebih nyokap gue, orang yg melahirkan mereka. Tapi berkat selalu tawakal, dan ingat klo semua cuma titipan Allah, maka nyokap pun berangsur2 ‘pulih’ dari kepedihan hatinya. Dan belum buat gue. Butuh waktu lama untuk gue bisa terima kenyataan bahwa gue sekarang adalah anak tertua di keluarga, dan hrs terima kenyataan bahwa gue gak bisa lagi bermanja2. Gue yg terbiasa ngerasa aman, terjaga, slalu enak krn gak perlu repot ngurus msk kuliah misalnya sekarang hrs dituntut untuk bisa melakukan hal yg sebaliknya.

Itu lah yg namanya kadar keimanan kita di uji. Pernyataan nyokap yg akhirnya bisa bikin gue ngerasa lebih tegar. “kalo mamah gak kuat iman, mungkin mamah udah GILA, krn ditinggal 2 anak laki2 mamah”. Gue pun hrs bersikap lebih tegar darinya. Krn gue berpikir, di saat nyokap tiba2 terkenang mereka, gue lah yg harus bisa membesarkan hatinya.

Yaa..itulah secuil riwayat keluarga gue. Sekarang memang gue hidup tinggla ber 4. Nyokap, bokap,dan 1 adik perempuan gue yg sering gue sebut2, Lia. Gue memang sengaja gak cerita lengkap soal gimana kronologisnya kepergian Nenek dan 2 abang gue. Dan sori kurang lengkap krn gak bisa upload foto alm & alhmh .

Gak kuat, bo’! Jujur, ngetik ini aja udah bikin gue sedikit gemetar.

Hehehe.. maaf ya guys.. jd bikin agak2 melow kali ini.

PS: to my luvly brothers ‘there’.. miss you all guys!

No comments: