28.12.08

Girangnya suamiku.. :D

Naik gaji?

Bukan..

Naik pangkat?

bukan..

Dapet hadiah?

juga bukan...

hehehe..

Malah soal penurunan... yeap... kadar kolesterolnya yg menurun..!

ck ck ck... reaksinya sama kyk orang lulus ujian, atau.. kyk orang menang door prize motor waktu dia terima hasil laboratorium hari itu.

Jadi gini... tapat taun baru setahun yang lalu, dia berinisiatif ke RS dan meminta rujukan dan konsultasi ke/dari Dokter umum.
Apa sebab..? hari2 sebelumnya dia merasa selalu pusing terutama di bagian belakang kepala.
Apalagi sehabis makan makanan berlemak (goreng2, santan, jeroan). Dan terakhir kali makanan yg dia makan adlh AMPELA GORENG, buatan gue :D

Curiga gejala kolesterol. Tapi gue berusaha menghibur. Mungkin aja bukan.
Tapi dia keukeuh.... sampai akhirnya berinisiatif memeriksakan diri.
Awalnya cuma konsul2 sama dokter. Tapi supaya lebih yakin, dokter menyarankan dia cek darah lengkap.

Siang cek darah di RS Mitra Kel. K. Gading, malemnya hasil udah bisa diambil.
Bener ternyata....... sorry gue gak inget berapa kadar masing2 kolesterol (LDL & HDL) tapi yg pasti total kolesterol suami gue tinggi, melewati batas normal. Bahkan batas waspada.

Sumpah...... he looks verrrrrrrrrrrryy sad!

Kenapa? krn kalau aja dia gak buru2 periksain kadar kolesterol dan masih menerapkan pola makan & hidup yang sama, resiko stroke ada di depan mata.
bukan cuma itu, ancaman asam urat juga menghampiri. Krn dia jg sering merasa kesemutan.

Sejak saat itu, dia selalu murung.

gue?? berusaha menghibur... dangan bilang.. gak usah panik, cari cara untuk menghindarinya.
Tapi jgn juga terlalu berlebihan dan jadi beban pikiran. krn pikiran / stres memicu datengnya penyakit.

Sejak itu juga, dia bertekad untuk DIET. Jelas gue gak setuju.
Mengingat dia adalah orang yg doyan jenis makanan apapun!
Gak pernah kesulitan untuk cari makan... kadang gue pun mengejek, "cicak di goreng tepung pun mungkin mas doyan..!".. Hehehe... geli gue.

Tapi ada satu pernyataan darinya yg bikin gue gak bisa berkutik....

"Mas nggak mau mati muda... tmn2 mas banyak yg mati muda hanya krn stroke, jantung koroner, darah tinggi..... memang, urusan umur urusan Allah.. tapi kita manusia ga ada salahnya untuk iktiar dgn menjaga pola hidup... Mas gak mau ninggalin sety, nanti siapa yg ngurusin sety.. dan Mas masih mau liat anak mas di pelaminan..................".

Danggg...!!

Jadi menetes air mata ini, damn! knp dia harus ngomong seperti itu siyh!!



Dan mulai detik itu, suami gue menjalankan Dietnya.
Cari dari segala sumber apa2 yg harus dia rubah. Memang saat2 pertama diet, tubuhnya blm beradaptasi dan sempet terserang maag.
Semula sempat dokter meresepkan obat pembantu menurunkan kolesterol.
tapi itu gak berlangsung lama, dia bertekad jalanin diet alaminya aja.

Ubah jenis makanan dan jogging / jalan kaki minimal 30 menit setiap harinya.

Bayangin, suami gue yg tadinya temen gue makan nasi uduk pecel lele, skrg udah ANTI.
tadinya temen gue makan kepiting saos padang, skrg ANTI. *segala macam seafood itu mengandung kolesterol tinggi*.
tadinya temen gue makan gorengan, skrg ANTI.
tadinya temen gue makan roti bakar pake coklat keju, skrg ANTI.

Hwaaaaaaa.............

Gue sendiri nih, gak tega klo harus menyiapkan menu2 dietnya!
Kok aneh rasanya... apa enaknya sih......
Padahal waktu itu gue lagi belajar bikin Soto Betawi... untuk gue persembahkan ke dia.
Tapi skrg udah gak mau lagi, krn ada jeroan dan santen didalamnya.

Ya begitu lah, suami gue keras klo punya prinsip.
Termasuk soal ini... dan sallutnya, sangat2 konsisten sama piihan untuk berdiet..!

gue sendiri aja yg punya pantangan makanan selama treatment, kadang2 masih gak bs nahan godaan.

Akhirnya... 1 tahun sudah suami gue menjalankan diet alami.
Total berat badannya juga berkurang 10 Kg!
tadinya dia berpostur gemuk, pendek, hehehe.. bantet lah pokoknya :P tapi skrg..... kurrrrrrrruss...!
dan dia malah bangga akan ke langsingannya sekarang... katanya, BB nya kembali seperti jaman SMA dulu. Hahahaha.

Padahal banyak orang yg miris liat posturnya skrg. Dikira ga diurus istri lah, dikira menderita penyakti lah.. macem2.
Sebagian bilang dia jd keliatan lebih muda dari umurnya, sebagian blg dia malah keliatan tua.
hahaha.. terserah aja, selera orang kan beda2 katanya.

Dia sih gak pusing. Alhamdulillah dia enjoy, dan gak mau pusing sama omongan orang.
Malah lbh fresh dan jarang bgt sakit.

Beberapa bulan terakhir dia konsultasi ke ahli gizi, yup... baru saat ini dia dateng ke ahli gizi.
Dan ahli gizi tersebut membenarkan semua apa yg selama ini suami gue jalanin..

Padahal cuma bermodal artikel, browsing, beli buku & majalah kesehatan... hehe.

Selama diet, 2x dia cek ulang. tapi hasilnya belum menunjukkan kolesterolnya turun.

Tapi kali ini, alangkah girangnya dia waktu terima amplop hasil cek darah lengkapnya.
Total kolesterolnya udah normal alias menurun jauh...

ckckckck... mas.. mas..

Apapun pilihan hidupmu, aku sih dukung aja deh.
walopun kadang2 juga suka ngeyel gak mau masakin menunya mas... maaf ya mas..
tapi aku berdoa smoga mas diberi kesehatan lahir dan batin slalu dan panjang umur..

oiya, swami gue sekarang mau beli panci Shabu.. krn lagi seneng makan Shabu2 (ikan dan sayurannya aja).

Ada yg tau gak resep bikin kaldu shabu2 dan segala pelengkapnya (saos)..????

Kasih tau yah..

hehehehe..




1 comment:

Adhini Amaliafitri said...

wahh.. aku blum pernah medical check up nih mbakk! takut :( belum berani, karena yakin klo jumlah lemak sama kolestrol alamat tinggi!!!

gorengan?
hmm itu emang bisa menurunkan kadar kolesterol dengan drastis. aku juga lg belajar untuk ngurangi gorengan. walau, it's not easy! hehehe

ayooo diet lagiii!!
*nampar diri sendiri*