4.6.08

TiJe oh Tije...

Betapa kagetnya gue ketika pertama kalinya lagi gue menggunakan TiJe (baca: transjakarta alias busway) setelah 3 minggu ga ke kantor.
Antriannya ga seperti biasanya.
Lebih panjang, bahkan sampai diluar pintu masuk halte Ragunan.
Ada apa ini?? belum apa2 gue udah stres duluan.
Pasti didalam sumpek dan sempit. Gue kuatir ga akan kuat berdiri.
Mengingat bekas luka operasi masih senut2.

Setelah mulai masuk ke dalam halte, leganya gue krn melihat pemandangan antrian yg rapi. Kenapa lega?? krn sebelumnya, di halte ini ga pernah bisa antri denga tertib.
Penumpang tije makin bertambah dan armada yang kurang jd menyebabkan semua halte tije di Jakarta jadi dipenuhi penumpang.
Bahkan halte yg agak luas seperti di Ragunan.

Ga ngerti gue, kenapa orang2 tu susaaaah sekali untuk tertib.
Begini gambarannya, Penumpang yg antri terlalu banyak.
Tapi dari mereka semua ga ada satupun yg berinisiatif berdiri /antri dengan rapi.
Jadi akhirnya begitu mau masuk kedalam busway, mereka harus berdesakan, rebutan, kesakitan krn kaki keinjek, bahkan saling mencaci maki kalo ada yg saling dorong.

Gue berpikir, sebenernya ga ada dari kami yg ingin saling dorong.
Kalau sekian puluh orang berkumpul di satu titik (dekat pintu masuk bus) dan dalam saat yg bersamaan mereka berebutan masuk, otomatis akan menimbulkan tenaga yg kuat untuk terdorong kedepan.
Itu sebabnya orang2 bnyk yg mengaduh kesakitan krn mersa terdorong.
Jelas lah jadinya... rusuh!

Padahal, sebanyak apapun penumpangnya. Kalau ada yg membantu untuk membentuk antrian yg rapi, pasti ga akan seperti itu kejadiannya. Dalam hal ini SECURITY.
Kemana aja sih mereka?
Ada. Tapi cuma ada 1 atau 2 orang!
Dan itupun cuma berdiri di dekat pintu masuk untuk mengawasi penumpang masuk kedalam TiJe.
Dan cuma bisa teriak2 "perhatikan langkahnya! jangan DORONG DORONG..!!".

Sekali waktu gue nyolotin itu security. "Mas, jangan cuma bisa teriak2 jangan dorong jgn dorong!!! Anda bantu dong untuk ngerapihin barisan antrian!! gimana bisa kita ga dorong2an! orang segini banyak, ya dibantu untuk tertib. Kami juga mau diatur. Kami orang kantoran. Jadi jgn cuma diem disitu!!

Senengnya gue, penumpang yg lain mendukung keluhan gue.
Hehehe... di serbu deh tu security..

Besoknya.. ada kemajuan. 2 Security membantu kami para penumpang untuk tertib.
Tapi, besoknya lagi? Beda lagi.. kembali rusuh..!
Aduu gustii.. belum sampai kantor saya udah stres dibuatnya..!
Tapi minggu ini.. entah apa sebabnya, sekarang mereka mulai menertibkan kami2 para penumpang. Barisan di atur supaya saat memasuki Bus ga berdesakkan dan saling dorong.
gue ga panik/stress lagi kalau mau naik Tije. Mau antri sepanjang apapun, asal rapi dan tertib.

sebelah kanan : antrian bagi yg mau duduk

sebelah kiri : antrian bagi yg mau berdiri



Kemana ajaaaaa maleeeehhh...?????
Hare genee baru br diterapin..!

3 comments:

Anonymous said...

wah, pelanggan TJ juga? Sama tuh tracknya ama gue sty.. tapi gw pagi2 ambilnya dari kuningan timur ke buncit (secara kantor di buncit).. pulangnya yaa... dari buncit ke kuningan timur, baru deh motor sang arjuna nunggu dibawah jembatan halte. Kalo gak gini, booo... bisa tua dijalan :)

Btw, bener ya, kadang antrian trans emang bikin stress.. Sekarang sih lumayan, mobil pribadi ga boleh masuk jalur busway, coba dulu jaman masih hamil.. aduh ENGGA BANGET d. Kayaknya armadanya yang kudu ditambahin deh ya, kalo engga yaa numpuk2 juga.

Anonymous said...

aq nda pernah nih naek busway.. pgn juga sih nyoba..tar aja deh pas pulang..hihi..

saski said...

wah, emang kayaknya gw musti kudu bin musti coba nek tije ya Ty. Tapi emang bener yah, kenapa sih orang2 pda susah tuk ngantri yang rpaiah n tertib gitu. peraturan juga gak diterapin sih.