23.5.08

Pasca Laparoscopy

Senin, 5/5/08

Dingin, sakit sekitar perut dan dada, rasa kesemutan sekujur badan... gue lemaah saat itu. Ga lama kemudian muncul nyokap gue dan swami tercinta disamping gue. Ooh.. ternyata operasinya udh selesai, gue baru bebas dari pengaruh bius. Dan gue masih berada di ruang pemulihan". Hi hunny.. you're doing great..i know you'll can make it, be strong dear.." swami gue berbisik di kuping gue. Sementara nyokap terlihat tegar, senyum sumringah, seolah meguatkan gue juga. Tapi sakit yg gue rasain saat itu kyknya bikin gue putus asa dan nyesel krn udah mutusin Laparoscopy, apaan nih..jadi bikin gue tersiksa begini.. Gustiii.. ga enak bgt rasanya..!

Dari penjelasan suster waktu itu, gue blm 100% pulih dari pengaruh bius. Perut gue di isi gas supaya perut gue berrongga guna keperluan Laparoscopy. Belum lagi gue puasa dar semalam, jadi bikin perasaan sakit ini berlipat ganda. Lalu swami cerita juga kalo kista gue udah dipecahin krn dia berjenis kista coklat yg klo blm dipecahin itu besarnya kira2 seperti telur angsa, diameter 6cm. Belum lagi ada usus buntu, krn Prof Iam liat usus gue meradang dan posisinya bisa membahayakan, dalam hal ini menghambat kesuburan gue. jadi saat itu juga gue operasi usus buntu. Ada lagi yg kemudian hari Iam jelasin ke gue ada Polip di rahim gue, itu katanya salah satu penyebab kenapa darah ga berhenti2 (memang gue perhatiin darahnya berupa darah segar, merah, bkn sprti darah mens ato flek yg merah kecoklatan). Endometriosisnya sendiri juga udah d 'bersihkan'. Astagfirullohaladzim..!! Banyaknyaaah...

Saat masih di ruang pemulihan itu gue masih tersiksa. Daerah sekitar perut udah pasti nyeri, perut kembung, sakit sampai ke ulu hati, sekitar bahu juga gue rasain pegel2. Ya Allah.. gue baru inget, krn gue punya maag, itu yg menyebabkan ulu hati gue sakitnya minta ampun. Krn semalaman perut gue kosong, ditambahin pula gas ke dalam perut gue. Dan gue blm buang angin. Bener2 gue ga tau harus gimana, rasanya gue pasrah, tapi mulai mikir macem2. gue ga peduli brp kali suster bolak balik krn gue terus2an merintih kesakitan. Untungnya suster disitu baik2, dan sabar2, gue di kasih penjelasan yg memang masuk di akal. Tapi satu yg paling bikin gue 'nyesek' gue baru bisa buang angin yaitu setelah 24 jam!! Allahu akbar..! Msh lama gue akan menanggung rasa sakit ini. Krn pengaruh bius juga blm 100% pulih. Akhirnya suster menolong gue dgn memberikan obat lambung untuk meredakan nyeri di ulu hati. Gue pun kadang bisa tertidur. Walopun sebentar2 bangun untuk liat jam, krn sorenya gue baru bisa dikembalikan ke kamar perawatan. Selama itu, secara gantian swami dan ortu setia nemenin gue di ruang pemulihan sambil terus minta gue untuk banyak berzikir, berdoa, supaya di beri kekuatan. *saat itu pun gue komat kamit wirid segala kalimat Allah, sumpah gue ga kuat*

Akhirnya tiba juga saatnya gue kembali ke kamar perawatan, tapi masih dgn perasaan sakit yg sama. Kali ini perasaan mual mau muntah, tapi sekuat tenaga gue ga akan membiarkan gue muntah. Krn bakal ngeluarin tenaga, dan otomatis nyeri di perut gue terasa. Tapi sugesti gue kuat, akhirnya gue berjuang menahan sakit dibekas operasi gue pd saat gue muntah, ga kluar apapun kecuali (maaf) reak, krn memang perut gue blm terisi makanan apapun. Gue cuma terus2an minta sama Allah untuk tolong gue ngatasin rasa sakit ini. Gue harus kuat.

Selasa, 6/5/08

Alhmdulilah dihari kedua gue buang agin juga. Baru saat itu gue bisa minum sedikit2. Dan sorenya gue bisa makan, walopun cuma semangkok bubur sum-sum. Gue berangsur2 pulih dari pengaruh bius. Tapi.. gue blm bisa banyak bergerak, ketawa, dan baru gue sadari ada kateter terpasang di vagina gue. Hehe.. gue baru kali ini ngalamin pake kateter. Risih bgt. Alhmdulilah, ade gue, sepupu, mertua dan ipar2 dateng menjenguk dan memberi gue support dan doa. Tapi saat itu msh terlalu lemah untuk banyak ngobrol dan ketawa.

Gue lega dan bersyukur, akhirnya semua udah gue laluin. Sakit memang. Tapi itu semua terasa lebih ringan saat gue berzikir. Gue minta kekuatan dan kesembuhan sama Allah SWT. Dan ada swami yg selalu setia nemenin (walopun ga nginep) dan menguatkan hati gue dgn kalimat2 supportnya. Prof Iam sih cuma bisa ketawa2 aja waktu visit. "Gimana Bu? alhamdulilah smua lancar yah..banyak istrht dulu dan belajar miring2kan badan yah..wah kistanya besar sekali, tapi semua udh saya beresin, insya allah setelah ini lancar programnya".. Amiiin Ya Allah..!



1 comment:

ary said...

aduh Ty, dirimu kuat deh. Smoga aja cepet dapet momongan karena aku yakin, pasti kalian bisa jadi ortu yang baek.