23.5.08

Menggenapkan Ikhtiar


1 Minggu menjelang tindakan Laparoscopy gue kontrol dan diminta tes pendukung, yaitu EKG, Rontgen, dan cek darah. Itu semua diperlukan untuk mengetahui kondisi badan gue memungkinkan atau ngga untuk Laparoscopy dan (mungkin akan ada) operasi. Alhamdulilah hasilnya baik semua, jadi Laparoscopy bisa dilakukan dalam waktu dekat. Tapi ada satu gejala yang sampai saat menjelang hari H yang bikin gue stres berat. Yaitu darah mens yg ga kunjung berhenti, pdhl udah berlangsung 2 minggu lamanya. Sempat terdiagnosa sama Prof Iam klo itu salah satu gejala (siklus mens yang ga teratur, dan kadang darah keluar ga menentu) dari Endometriosis yg terdapat di perut gue. Prof Iam kasih gue obat untuk menghentikan darah yg keluar supaya saat Laparoscopy nanti gue udah dalam keadaan 'bersih'. Tapi nyatanya... itupun ga berhasil.. darah nya masih aja keluar. Ya Allah.. tolong hamba, kuatkan hamba, dan jauhkan hamba dari segala penyakit yg membahayakan itu Ya Allah.. Cuma itu yg bisa gue ucapkan dalam hati.

Minggu, 4/5/08

Siang itu di hari minggu, ga tau apa yang ada dipikiran gue, semua kacau. Awalnya pun gue ga ngerti kenapa. Gue cuma ngerasa stres, frustasi, bingung harus apa.. krn darah masih aja keluar. Padahal sore ini gue udah harus masuk Rumah Sakit. Gue semena2 terhadap Suami gue, gue ga peduliin dia saat dia mau makan siang. Yang ada dipikiran gue cuma rasa cemas, takut, bingung, kesel, benci, dll. Rasanya gue ga ada artinya banget! Gue takut ga kuat 'ngadepin ini semua. Jadi.. seinget gue waktu itu gue kalap, teriak2 ga karuan, dan ini menurut Mas Andri, pandangan gue kosong tapi keluar air mata, dia suruh gue istigfar tapi gue ga nurut. Tapi memang gue bisa denger dia ga berenti2 ngasi gue semangat, membesarkan hati gue. Ntah apa yg terjadi sama gue. Tapi untung itu ga berlangsung lama.

Minggu sore (4/5/08) setelah kejadian gue kalap itu gue siap2 untuk ke RS dengan membawa persiapan keperluan selama di RS untuk beberapa hari. Pihak RS juga udah telpon untuk ngingetin gue. Gue masih ga ngerti apa yg terjadi sama gue seblm pergi tadi. Anyway, seblm smp RS gue mampir makan bubur dulu di sekitar Tebet. Krn gue memang diharuskan makan makanan yg tidak mengandung serat sebelum operasi. Ga tau persis knp alasannya. Sampai di RS gue daftar untuk rawat inap, dan beruntungnya.. ketemu Prof Iam didepan admission. Langsung aja gue tegor dan sampein gejala yg gue rasain soal darah yg ga berenti2 itu. Dia bilang "oke.. gak apa2.. anda masuk aja, jadi bsk pd waktu Laparoscopy bisa sekalian diliat apa penyebab darahnya ga abis2".

Setelah selesai urusan daftar mendaftar, gue ditempatkan di ruang observasi terlebih dulu, sambil suster tensi gue, cek persiapan g diperluin setelah operasi diantaranya : korset. Diperluin krn operasi yg dilakukan di daerah perut, untuk menjaga bekas lukanya ga terbentur / tetap dlm keadaan stabil saat gue bergerak. Sementara suster yg lain menyiapkan kamar perawatan yg bakal gue tempatin, gue ngobrol2 aja sama suami, dan minta maaf juga untuk kejadian tadi siang. Swami pun ga terlalu permasalahkan, dia justru menuntun gue untuk sabar, tawakal, banyak doa. I should be grateful have the right one, just like him.

Gue dan swami memilih di tempatkan di kelas 2. Sebenernya sih, jatah asuransi mencukupi untuk gue dirawat di kelas 1. Cuma krn ga mau kesepian aja. Kita berpikir, kelas 1 biasanya cuma untuk 1 pasien. Eh.. ternyata kelas 2 itu untuk 4 org, dan kelas 1 utk 2 org. Hehehe.. kecele.. Ga masalah lah. Berhubung masih jam 7.00 ternyata bokap gue dateng jauh2 dari Priok. Duh! bandelnya ni orang tua, pdhl gue udah sampein ditelepon sblmnya supaya dateng besok paginya setelah operasi. Tapi ah..namanya orang tua..ga yakin klo blm liat keadaan anaknya klo ga liat langsung. Belakangan baru tau, klo ternyata dirawat di RS ini ga boleh ditungguin, walopun dengan suami. Alasannya supaya pasien bisa lebih beristirahat dgn tenang. Kalopun ada pihak klrg yg mau nginep, diruang tunggu disediakan kasur lipat. Waduh.. ga tega juga ngebiarin suami tidur disitu. Akhirnya sepakat dia pulang kermh ortunya di Pdk Labu, sementara bokap gue, nginep di kantor. Soalnya jarak dari RSIA Budhi Jaya ga jauh dari kantornya. Hehehe.. ide bagus amat yah..

Swami dan ortu udah pulang, gue bisa istirahat. Bener juga sih kebijakan RS untuk melarang menunggui pasien. Krn gue jg ga tenang klo tau swami ato syapapun yg nunggu gue tidur diruang tunggu, atau di mobil. Satu persatu persiapan sebelum operasi diberikan suster ke gue. Mulai dari (maaf) cukur bulu pubis, masukin obat pencahar (duwh..mulesnya minta ampun!), pasang infus, puasa mulai jam 10.00. Baru agak tengah malem gue bisa tidur nyenyak. Setelah seblmnya agak keganggu sm kegaduhan pasien yg baru masuk. Krn ini RSIA (Rumah Sakit Ibu dan Anak) jadi pasien2 lain adalah bukan pesakitan melainkan ibu yg akan melahirkan, walopun ada beberapa juga pasien yg mengalami tindakan seperti gue. Alhmdulilah.. jadi ada temen gue..total 3 orang, 1nya lagi ibu yg lagi hamil 6 bln harus dirawat krn katanya dia pingsan dikantor, mgkn kecapean, anaknya kembar loh. menyenangkan sekali dirawat disini.. amit2 sih sm penyakit yg gue alami, tapi seneng krn bs berbagi kebahagiaan sm ibu2 yg baru melahirkan anaknya.

Senin pagi 5/5/08

Jam 4.00 dini hari gue udah dibangunin suster. "Bu Isty mau mandi dulu atau cuci muka aja?". Hmm.. gue pilih untuk cuci muka aja, ga tahan airnya dingin banget (ga tersedia air panas, cuyy), sikat gigi, wangi2 sedikit, hehehe. Setelahnya gue diminta ganti baju khusus untuk operasi (tau lah ya model gmn bajunya), dan gue sempat ngabarin ortu, swami, dan sahabat kuw nan jauh di kalimantan sana yg selalu support gue dan bantu doain gue. Ga lama kemudian gue digiring ke kamar operasi di lantai 2 dgn kursi roda (duwh.. berasa kyk org sakit bneran ini mah). Alhmdulilah swami udah dateng seblm gue masuk kamar operasi. Nyokap kebetulan masih on the way sama2 ade gue, Lia. Yang gue tau saat itu, swami boleh liat proses Laparoscopy, itu pun kalo dia kuat. Alhmdulilah swami bilang dia bakal kuat dan ngeliat prosesnya. Seblm masuk, gue diminta melepas anting, cincin, kalung, dan barang2 logam lainnya. Ga ada lagi siy.. cuma itu aja tadi, hehe..

Fyuughh... masuk juga dikamar operasi, krn gue masuk dalam keadaan masih normal dan jalan kaki, gue bisa liat suasana dan peralatan di kamar operasi itu. Wuihh.. ada monitor tv juga? jarum, gunting, duwhh.. ngilu liatnya. "Halo Bu Isty, uda siap yah.." sapa para perawat. Tapi gue blm liat Prof Iam disitu. Salah satu perawat disitu minta gue duduk dan menghadap ke monitor.. "kita foto2 dulu ya Bu, liat kemari, senyum yah.. *cekrek*" waduh.. diye foto2..! (ini keperluan dokumen foto+rekaman yg nanti diserahin ke pasien) asik juga nih. Ga lama kemudian gue diperkenalkan ke dokter bius (lupa syapa namanya) "Halo bu Isty, saya dokter biusnya, udah siap ya bu, jgn lupa berdoa". Ga lama kemudian gue diminta terlentang dgn kaki mengangkang, seperti posisinya org melahirkan nih. Lalu tangan kiri gue di ikat "maaf ya Bu saya ikat supaya tangannya ga kemana2" *oke deh suster..* "Kita mulai suntik ya Buu.. rileks aja.." Gue sempet2nya tanya "suntikan bius ya Sus?". Begitu gue tau itu suntikan bius, pelan2 gue bikin diri gue se-rileks mungkin, gue ga mau kejadian wkt operasi tumor jinak payudara terulang lagi (wkt mo dibius semua perawat dan dokter msh ngajak ngobrol, ya gue tanggapin lah. tapi lama2 aneh rasanya kok lama2 gue ngerasa, gue bisa jawab tapi gue ga bisa gerakkin badan! sampe akhirnya gue ngerasa lidah gue kegigit, tapi rupanya pengaruh bius udah bekerja ditubuh gue! jadi secara pikiran gue masih mau ngomong tapi otot2 gue udh ga bisa bergerak lagi.. jaah..kegigit deh lidah gue!) sekarang udah tau triknya, gue sempat mambaca Bismillah.. ga lama kemudian gue pun tertidur......

No comments: