25.1.08

Tragedi ampela goreng..

Belakangan ini gw lg sering geleng2 kepala liat kelakuannya Mas Andri. Awalnya sebulan yg lalu swami makan ampela ayam buatan gw, ga ada yg salah siyh sm ampelanya, dia malah bilang wuenak benget. Tapi keesokkan harinya dia ngeluh agak pusing, tegang dibagian leher blakang, deg2an, dia yakin banget itu disebabin dari ampela yg dia makan kmrn (jeroan mengandung kolesterol & lemak tinggi), tapi gw bilang “ya ampun mas, lha wong kmu cm mkn 3 ampela aj, ga akan knp2 sama kolesterol-mu lah”. Sebelum ini jg suka kejadian klo abis mkn kepiting, udang, sate kambing, daging bebek, dan mkanan2 lemak tinggi lainnya sering berasa pusing. Daripada makin pusing krn nebak2, besoknya langsung mutusin untuk Medical Check Up (MCU)-hal yg ga pernah dia lakuin selama ini.

Akhirnya setelah konsultasi sama dr. Iskandar (dokter langganan gw & swami di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading), disaranin lah sm dr. Iskandar untuk MCU. Kebetulan hari itu bertepatan sama tahun baru 2008. Gw boyong nyokap, bokap dan ade gw nginep & thn baruan dirumah BSD. Bokap dateng blakangan dijemput Mas Andri sepulang dari RSMKKG. Krn besok harinya mau libur jadi hasil MCU bs diambil hr itu jg jam 8 mlm.

Alhamdulilah mereka sampe dirumah beberapa menit sebelum pergantian tahun. Setelah bersuka cita krn detik pertama tn 2008 udah qta lewatin, Mas Andri nampak ga bersemangat, dengan pelan dia blg ke gw “the result is not so good, hunny..” “my colesterol in 279 level”.
Bo, berlebihan sekali reaksinya. Sedih, takut, panik, sampe ga bisa tidur, ga karuan deh. Dia langsung inget (banyak) teman2 nya yg masih muda udah kena stroke-dari yg ringan sampe yg langsung koma trus (naudzubilahmindzalikh) meninggal muda. Dan yg paling bikin gw nampol (baca: sedih banget) adalah waktu dia bilang bertekad untuk hidup sehat setelah ini, dan ga mau ngalamin hal yg serupa. Dia masih pengen berumur panjang supaya bisa nemenin & ngurusin gw sampe tua, sampe qta punya cucu & cicit!! Dang..! What a horrible thougts!

Dan, mulai saat itu sampe skrg ini, dia mulai selektif terhadap apa2 yg dia konsumsi. Memang bukan suatu hal yg buruk sih, tp mungkin qta masih belum terbiasa aja dgn semuanya. Duuuh.. saat gw lg seneng2nya masakkin dia makanan yg enak2, ternyata malah dia harus diet! Tapi ga apa2 sih, daripada nanti terjadi hal2 yg ga diinginkan. Mencegah lebih baik daripada mengobati, toh?

Dulu.. nyokap gw seriiiiiiiiiiiiing bgt ngomelin gw klo lg susah diatur jaga kesehatan, bliow pasti bilang SEHAT ITU MAHAL! Dan ternyata skrg… gw alamin sendiri.. hehehe..

1 comment:

della said...

samaaa aku jg gitu, br merit disaat lg seneng2ny amasak, suami diketahui terkena diabetes, :( huks...