17.1.08

Post PLI

Bulan Desember kmrn adalah bulan ke 3 gw terapi PLI. Aturannya sih terapi PLI dijalanin selama-minimal 3x, maksimum 5-6x, jaraknya 3-4 minggu sekali. 2 minggu setelah PLI ke 3 gw & swami diperiksa lagi, gw uji kibrik dan swami cek sperma (klo salah nt gw ralat). Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui apa kadar Antisperm Antibody (ASA) gw sdh menurun ato blm. Krn kadar ASA gw memang ckp tinggi yaitu 8000 sekian. Sedangkan menurut dr. Indra, dokter yg nanganin terapi ini, kadar normalnya itu adlh 64!! at least sekitar 120an. Kacau ga tuwh!? Selama ini sih gw udah menghindari/setidknya mengurangi makanan2 protein tinggi yg memicu tingginya kadar ASA gw. Oh iya, gw lupa bilang.. klo selama ngejalanin program ini ada bbrp jenis makanan yg HARUS dipantang. Penting, krn pengaruh sama antibodi gw yg tinggi (terlalu imun) jd ada bbrp jenis mkanan (yg paling bahaya: seafood) yg sementara ga boleh gw konsumsi dulu. Sebenernya sih ini tes penunjang aja, tp alangkah baiknya dijalanin supaya ASA gw yg tinggi bs menurun. Untuk tau jenisnya dilakukan yg namanya Food Response Test. Jenis mknan yg dites:

- Udang
- Cumi (dan semua jenis seafood lainnya!)
- Kakap
- Kerang
- Kedelai
- Tempe
- Tahu
- Susu sapi
- Coklat
- Wortel
- Tomat
- Nanas
- Putih & Kuning telur (dipisah)
- Ayam
- Kacang tanah
- Kacang Mete
- Gandum

Dan ternyata..... dari sekian banyak jenis mknan tadi, cuma KUNING TELUR, KACANG TANAH, & IKAN KAKAP yang menunjukan hasil NEGATIF!!!!!! ALIAS, boleh dikonsumsi. Yang SELEBIHNYA, POSITIF untuk dihindari sementara selama terapi ini dijlnin dan klo ada kehamilanpun tetap blm boleh dikonsumsi sampai usia kehamilan 5 bln, baru deh bebas mkn. Oiya.. smua termasuk olahannya loh..! Parahnya semua jenis yg disebut tadi adlh mknan yg paling sering (especially seafood) gw konsumsi!! krn memang gw lebih suka ikan, aplg seafoood ketimbang daging2an. Yang blh gw konsumsi slama terapi ini adlh daging, sayur & buah2an pastinya.

Pfyuuhh.. bayangin aja, bodi gw yg kurus jd makin kurus lg krn gw diet (mengurangi) mknan yg berprotein tinggi untuk smentara waktu. Emang sih ini bukan akhir dari segalanya, hehe.. tp gw cm agak pusing aja jd ga bebas mkn. Yah.. hidup memang kadang butuh pengorbanan, dan ini cuma sebagian kecil pengorbanan aj kok, jd gw coba untuk take it easy aja. Sabtu ini gw ke Klinik Sayidah lg untuk cek kibrik lg, klo memang kadar ASA yg dimaksud turun / at least mencapai batas normal, baru deh gw & swami bisa 'batalin puasa', a.k.a ga pake pengaman (baca: kondom) lg, he he he hee...

Jadi guys, doain supaya semua brjalan lancar & ga ada halangan yg berarti (lagi)yah... Gw udah kepingiiiiiin skali hamil & punya baby.. Insya Allah

2 comments:

Anonymous said...

Waa, banyak juga ya pantangannya.. Tapi disitu ngga ada daging sapi kan? Paling engga masih bisa makan enak lah say..

Biar maksimal, usahain masak sendiri aja dirumah olahan daging gitu, tar gak berasa deh "diet" pantangannya. Didoain moga cepet hamil yahh. Amiiinnn..

Anonymous said...

Isty,
kamu kena ACA/bukan? saudara gw ada yang bermasalh kayak lo juga. Ke dokternya di PI, blom selesai berobat, udah keburu hamil. Untung ngga apa2, anaknya lahir selamat, udah 3 tahun umurnya skr. So, jgn putus asa ya.
SEMANGAT!