17.5.10

Derita Hari Pertama

Slamat malam Blogger! :)

Hari ini gue gak masuk kantor dengan alasan "derita datang bulan". Hari pertama menstruasi gue memang selalu seperti ini. Umumnya, menstruasi memang membuat kondisi tubuh jadi drop. Sejauh yang gue paham sih, karena saat menstruasi itu hormon jadi gak stabil. Sehingga mempengaruhi keadaan fisik jadi lebih lemah dari biasanya.

Khususnya gue, hari pertama adalah hari yang paling menyiksa. Melilit hebat. Kram perut dahsyat. Lemas gak karuan. Boro2 beraktivitas, bangun dari tempat tidurpun penuh perjuangan cuuuy.. nyiksa lah pokoknya.

Dulu, mungkin 1,5 tahun yang lalu, gue pernah memposting tentang derita yang pernah gue alami, yaitu Endometriosis. Buat yang kurang paham apa itu Endometriosis, cek aja uraiannya disini. Biar gak manjang-manjangin posting gue. Hehehe.. :p

Setelah serangkaian treatment yang gue jalanin selama.. kurang lebih 1 tahun(posting pengalaman treatment juga udah pernah, cek aja di "Ketinggalan Cerita" ya *kalo mauuu*).. akhirnya gue sembuh dari derita "hari pertama".

Gak pernah absen setiap bulan di hari pertama mens. Padahal sebelumnya, dalam 1 bulan pasti ada absen 1 hari cuma karena tersiksa datang bulan. Udah gak kesakitan disaat melilit dan kram. Normally, keluarnya darah mens memang bikin perut kram, kembung, melilit, tapi kalau di dalam rahim sana gak ada masalah itu semua WAJAR.
Yang gak wajar kalau gejala itu semua dirasa udah mengganggu.
Intinya, penderitaan gue berlalu setelah treatment.

Tapi 3 bulan belakangan ini kalo nggak salah... derita "hari pertama' muncul lagi :(

Gue sadar betul, pola makan dan pola hidup gue belakangan ini memang jauh dari bener. Endometriosis dan masalah-masalah rahim lainnya itu pemicunya sepele. Hanya dari faktor pola hidup (merokok, minum, begadang, gak olah raga) atau pola makan yang gak bener (junk food, bahan pengawet, makanan instan).

Gue gak merokok, tapi sering jadi perokok pasif. Hmm.. rokok sih bukan pemicu utama. Tapi dari situ bisa merembet ke kelainan yang lain. Minum.. Sesekali aja kalau ada undangan. I'm a social drinker. Hehehe.. Intinya, gak addict deh.

Ngantor, gak punya pembantu, cukup jadi alasan kenapa gue gak bisa bawa makanan sendiri. Gue doyan makan dan ngemil. Tapi karena 2 alasan tadi, gue gak bisa sedia makanan dan bikin cemilan sendiri. Rute rumah ke kantor agak jauh. Butuh pengorbanan bangun pagi2 buta untuk siapin semua. Intinyaaa... gak sempet deh! :p

Alhasil gue harus dan terpaksa beli makanann dan cemilan yang ada disekitar gue. Dimana kualitas nutrisinya gak ada yang bisa menjamin. Hhhh....

Itulah kenapa mungkin gejala2nya timbul lagi.. belum mau periksa ke dokter.. mau di coba dulu perbaikin apa yang jadi pemicunya.

Eh eh eh... tapi..tapi..tapiii.. gue sekarang mulai mau olah raga loooh! :D
Udah 2 minggu ini gue bergabung di Fitness Centre nya Hotel Haris Tebet. Meskipun niat awal cuma ikut-ikutan beberapa temen kantor yang fitness disana. Tapi begitu ngerasain efeknya... rasanya sih pengin gue terusin...hehehe.

Ya ya ya, basi emang! Mudah2an di awali dari olah raga / nge Gym / apapun namanya yang penting mengolah tubuh lah :p

Better late than never, toh? ;)

PS : Menjelang menstruasi, makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, bila perlu suplemen juga. Supaya begitu menstruasi datang kondisi kita tetap fit!

No comments: