26.10.10

Jakarta Menjerit

Senin sore gue janjian sama 2 temen di Grand Indonesia.

Cuaca sejak pagi CERAH CERIA. Tapi menjelang sore, langit Jakarta meredup.

Gelap mampusss. Gak lama kemudian hujan deras.

Gue, Devina, Nonon tetep mau ketemuan.

Sekitar 5.30 sore hujan reda, gue nekat naik taksi menuju GI.

Ada percakapan sedikit...



Gue : "Plaza Indonesia ya Pak"

Supir Taksi : "Mmmh.. tapi jalanan macet banget lho Mbak?" Dia nampak males.

Gue : *agak nyolot* "Ya emang macet. Jakarta seblah mana yang gak macet hari gini Pak? Lalu saya harus naik ojek ujan ujan begini??!"

Supir Taksi : "Gapapa nih macet"

Gue : "Ya kalo situ ga jalan2, saya macet lah".



Berangkat lah gue dari Saharjo, melalui Casablanca arah Karet Kuningan.

Semula lancar. Menjelang underpass yang mengarah Ambasador... mampet!

Karena dari awal udah dibikin bete sama supir taksi yang ogah2an, gue jadi males berbasa basi ngobrol sama Pa Supir. Walau akhirnya juga tetep ngobrol.

Tapi akhirnya gue tau, seharusnya di jam itu dia udah kembali ke pool taksi di Kalibata.

Berharap dapet penumpang ke arah sana jadi bisa sekalian selesai.

Tapi kenyataan membawa dia melawan arus. Udah pasti dia bakal kena macet setelah mengantar gue ke GI.

Wajar kalo dia bete...



Anyway, dari underpass Kuningan sampai ke Karet, padat merayap.

Tapi setelah puter balik menuju Sudirman sampai ke GI... lancar!

30 menit gue tempuh dari Tebet ke GI (plus macet).

Itupun diluar perkiraan gue.


Setelah gue sampai duluan. 15 menit kemudian Nonon dateng.

Gak terasa udah 2 jam ngobrol sambil kami makan. Tapi Devina belum juga muncul.

Jam 17.00 Devina berangkat dari MKG. Jam 20.00 belum juga sampai ke GI.

Ternyata selama itu dia masih berkutat di sekitar Klp Gading dan SUnter.

Sekitar 8.30 mulai lancar selepas Kemayoran.

Sampai akhirnya dia tiba di GI jam 21.30 ajyaaahhhh!

Total perjalanan yang Devina tempuh dari Klp Gading ke GI adalah : 4 jam!!

Padahal normalnya, jarak segitu bisa ditempuh sekitar 1 atau paling jelek 2 jam.


..............


Jam 22.30 kami memutuskan pulang.

Parah! Liat posting-an orang2 soal keadaan jalanan ternyata MASIH MACET disana sini.

Keluar lobby West Mall GI udah ga ada taksi.

Kami terpaksa jalan sampai ke depan Plaza Indonesia. Maksud hati mau cegat taksi, tapi gak dapet.

Jalan sedikit lagi ke pintu samping Grand Hyatt, atau berhadapan dengan Hotel Nikko, gak ada taksi juga.

Padahal taksi dengan lampu menyala lumayan banyak yang berseliweran, tapi satupun ga ada yang mau berenti.

Sekitar 1.5 jam kami nunggu, akhirnya masing2 memutuskan naik ojek.

Karena kalau pun gue harus minta jemput suami, bakal bikin dia menderita juga.

Nonon ke kost-an nya di daerah Slipi. Gue ke Plaza Pdk Indah. Devina dan adiknya (menjelang pulang adiknya menyusul ke GI) ternyata jalan kaki dari depan Hyatt ke Kampus London School!

Barulah dari situ dia dapet taksi dan pulang menuju Sukapura.

Selama perjalanan gue pantau status orang2 di twitter.. 90% timeline isinya stuck di toll, stuck di arteri, banjir, jalan di tutup, dan lain sebagainya.

Laaaaaaaaaabujug! Rasanya orang2 SE-JAKARTA menjerit. Stress. Frustasi.

Karena sampai larut tengah malam mereka masih berada di jalan.

Belum lagi di wilayah tertentu yang kebanjiran.

Jakarta kayak mau kiamat.

Gue sendiri sampai di kantor suami jam 00.00, tapi masih baca status orang2 belum ada yang selamat.

Gue dan suami masih harus pulang ke BSD. Dan tau apa?? Akses ke BSD pun susah!

Sekitar Pondok Ranji dikabarkan ada genangan air setinggi 1meter.

Orang2 yang mau mengarah ke BSD di buang ke Bintaro sektor 9!

Gue ngetik posting ini di kantor suami... jam....01.10 dan masih aja ada informasi kemacetan.

Padahal besok pagi2 sekali gue dan mereka2 yang bekerja harus bangun lagi..

Dan gak menutup kemungkinan bakal menemui hal yang sama lagi sepulang kerja..


...............


Jakarta parah. Penduduknya stress.

Entah siapa dan apa yang harus disalahkan...

4 comments:

Silvia Margareth said...

iya macet banget kemaren pas ujan
yemen gw aja nyampe rumah jam 1 pagi,,..
weleh2,,.
makanya gw sangat setuju kalo ibukota pindah ke bogor

Silvia Margareth said...

ya temen g juga pulang jam 1 pagi karena macet,makannya g setuju kalau ibukota jakarta pindah ke bogor.

Silvia Margareth said...

ya temen g juga pulang jam 1 pagi gara -gara macet makanya g setuju ibukota jakarta pindah ke bogor.

gonfrix said...

Luamayan lah.......