6.9.10

Kadar Hemoglobin di bawah normal


Minggu sore itu ada rencana buka puasa bersama temen2 suami, gue harus bikin persiapan minuman.

Berhubung rumah baru, perlengkapan belum utuh. Jadi gue minta sama temen2 untuk bawa makanan masing2.

Selebihnya gue persiapkan juga tapi se-ringkes mungkin: Sop Buah.

Gue putuskan untuk belanja bahan buah2an dan pelengkapnya di Pasar Modern - BSD.

Excited skali. Udah lama gue gak menginjakan tempat itu karena pindah ngungsi kerumah mertua.

Selain sama suami, gue janjian sama Cicha dan Nirwan. Temen sesama blogger ini sekarang jadi tetangga gue di BSD :)

Suasana Ps. Modern agak rame hari itu. Weekend dan bulan puasa.. Pastilah orang orang semangat belanja untuk keperluan buka puasa.

Hampir selesai perburuan kami, Cicha singgah di sebuah lapak, gue ke depan nya.. ke toko yang jual sembako untuk beli sirup.

Rasanya toko yang gue masuki itu kok gelap amat.. Oh.. mungkin emang gelap saking penuhnya toko itu.

Gue rasakan tengkuk leher agak nyeri dan berat.

Mulai gak nyaman deh. Sembari nunggu kembalian duit beli sirup dari si 'engkoh, gue pamit numpang duduk sama si empunya toko.

Dan gue ga inget apa apa lagi setelah itu...


...................................


Seperti sedang enak enaknya tidur trus dibangunin..

"Isty, kamu kenapa??.. Isty elo kenapaa??" Tiba2 si Cicha dan suami gue ada di hadapan gue.

Tapi gue gak bisa liat mereka jelas.. Yang gue inget.. Gue jawab "kenapa? gue cuma lagi duduk kok.."..

Hehehehe.. ternyata aku pingsan sodara sodara..! :D

Setengah sadar gue ngerasa kepala gue beraaaat sekali, pusing, pandangan gelap, keringet dingin, badan gemeter, sungguh gak enaaaak skali!

Semua orang yang lewat ngeliatin. Yang punya toko, suami, cicha, sibuk ngasi gue minum dan apapun yang bisa bikin gue terbangun deh :D

Jadi hari itu gue puasa tapi gak sempet makan sahur. Euh, sempet sih harusnya.. tapi rasa ngantuk dan kenyang karena makan malem sebelumnya mengalahkan gue.

Dan itu bukan pertama kalinya. Sering kali gue berpuasa tanpa makan sahur.

Tapi biasanya gak pernah ada masalah. Tapi kok ya hari itu gue tumbang.. Malu gue.. :p



Sebenernya kejadian ini bukan yang pertama kalinya buat gue. Dulu, gue sering mengalami back out begitu.

Jaman sekolah kalau lagi upacara. Di bus kalau lagi berdiri lama. Di tempat keramaian.

Tapi itu semua gak pernah gue alami lagi 6 taun belakangan ini.

Gue memeriksakan diri ke dokter. Kuatir ada yang salah selain gejala darah rendah.

Cek darah dan gula. Hasilnya kadar glukosa normal tapi kadar Haemoglobin/HB gue rendah.

Memang sih sehari setelah black out di pasar gue menstruasi. Belum lagi karena puasa tanpa sahur.

Salah satu pemicu tekanan darah gue rendah adalah juga menstruasi.

Sehari-dua hari biasanya udah kembali normal lagi. Biasanya begitu. Tapi kok kali ini enggak.

Mens hari ke-4 pun gue masih lemes gak karuan. Gak bisa liat keramaian. Ga kuat berdiri lama lama. Mudah lelah dan pusing.

Dokter bilang gue letih berlebihan. Cukup banyakin istirahat dan makan teratur aja.

Terutama sayura2an. Itu juga nambah masalah. gue gak begitu doyan sayur soalnya.

Lalu suplementasi untuk membantu kondisi cepet fit lagi. (penambah darah, zat besi, vitamin B complex, vit.C)




Gue rasa, ini adalah akumulasi akibat dari kegiatan gue yang seabrek abrek.

Hehehehe.. gue SOK SIBUK!

Kegiatan gue sih ga ada yang penting. Hari hari cuma ke kantor. Tapi pulang selalu malam. Bahkan tengah malam.

Belum lagi kerepotan akhir2 ini karena mulai kembali kerumah BSD.. Setiap hari gue masih bersih bersih.


Pokoknya kalau gue jabarin disini pasti semua bakal bilang..

"YA EYYYALAAAAAAH Istyyyyy, elo kecapekan ituuuuu". :)

Salah gue. Gak jaga badan. Makan sembarangan. Kurang istirahat.

Jaga kesehatan semua ya!

No comments: