3.6.10

Kok harus begitu ya..?

Cerita 1


…Beberapa menit setelah duduk di bonceng tukang ojek..

Gue : “Pak, mau gak langganan per bulan?”

Tukang Ojek : “Aduh.. gimana ya Mbak, saya sih mau-mau aja sebenernya.. Tapi nanti anak-anak gimana?” *anak-anak: tukang ojek lain*

Gue : “Kenapa emang? Saya belum langganan sama siapa2 kok?”

Kang ojek : *Nampak ingin menceritakan sesuatu* “Justru itu Mbak, ga ada yang boleh langganan. Waktu itu pernah ada kejadian, penumpang mau berlangganan dan di jemput kerumah. Salah satu dari mereka akhirnya tau kenapa penumpang itu gak naik lagi dari tempat biasa karena di jemput si (sebut aja) Mamat kerumahnya. Eh si Mamat di gebukin pulang dari anter penumpang Neng..!”

Gue : “HAH??? Kok begituuuu? Apa salah dia sampe di gebukkin Pak?”

Kang Ojek : Mbak waktu pertama kali dibawa sama si Ival ya (kalo gue ga salah itu namanya)?” *gue sempet bertanya balik karena kurang tau siapa namanya* Itu lho Mbak, yang tangannya begini *sambil menekuk jari kirinya. Si Ival yg dimaksuda memang punya kekurangan fisik*

Gue : “Ohh iya Pak, dia orangnya. Memangnya kenapa Pak?”

Kang ojek : “Dia aja sempet ngancem saya gak boleh kasih nomor HP ke Mbak”

……………….



Belakangan ini gue suka telat bangun. Kalau udah telat bangun, telat juga sampai kantor. Demi gak terlambat sampai kantor, gue memilih naik ojek dari rumah. Keluar dari rumah sama2 suami tapi dia hanya mengantar gue sampai di tempat tukang ojek mangkal. Bukan hanya ini aja sih gue seneng naik ojek. Cuma aja, pertama kalinya naik ojek di wilayah rumah mertua.

3 hari pertama gue diantar dgn orang yang sama. Setelahnya mereka beroperasi sesuai antrian mereka mangkal. Intinya gue diantar oleh orang yang berbeda setiap harinya. tapi mereka yang kira2 ber-5 sampai 7 itu adalah orang yang sehari2 mangkal disana.

Sampai akhirnya suami gue bilang kenapa gak berlangganan aja. Bener juga pikir gue. Tapi sebelum nawarin langganan, diem2 gue menilai dulu mana ojek yang layak dan bikin gue nyaman. yang orangnya baik juga. Hehehe. Walaupun Cuma ojek motor, perlu dooong nyaman. Supaya kita sebagai penumpang juga enjoy selama perjalanan :p

Akhirnya gue tetapkan gue akan tawar si Bapak itu. (buseeetttt.. udah kayak apaan tau ditawar). Gak taunya malah gue dapet cerita itu. Antara butuh dan kuatir dia bakal kenapa2. Gue bingung. Males untuk cari2 lagi kan?

Jadi intinya, dia sendiri gak keberatan. Tapi dia lebih memikirkan keselamatannya. Takut kalau memang jadi gue berlangganan bulanan, dia bakal di keroyok nanti. Kasian..
Akhirnya demi keselamatan dan kenyamanan dia mencari nafkah, gue harus tunda cari ojek langganan.

Cerita 2

Gue dan teman2 makan siang di ‘kantin’ belakang kantor. Areanya bukan area kantin tertutup pada umumnya. Tapi ini letaknya didepan sebuah taman. Tenda2an gitu. Lebih tepat disebut apa ya? Kedai mungkin. Ah, apapun, pokoknya tempat makan! :p Lumayan banyak pilihan dari nasi ramesan sampai ke soto betawi. Tukang minuman juga ada.

Beda dari biasanya, gue liat pemandangan orang yang lagi minum Es Teh Manis. Kenapa beda? Karena memang biasanya disana cuma ada penjual minuman soft drink, air mineral kemasan botol/gelas. Sebut aja deh nama penjualnya Iwan.

Karena gue SUKAA banget minum Es Teh maka reflek gue langsung kegirangan bertanya.. “Eh syapa itu yang jual es teh manis???”. Yang menjawab Tante Yani. Si penjual soto betawi. Memang dari dulu dia lebih suka di panggil Tante katanya :)

“Ooh Nte Yani yang jual, aku mau doooong Nte?!” *merengek layaknya anak hehehe*. Semangatnya norak deh gue kalau ketemu minuman itu. Cinta abeeys.

Sejak itu, dan beberapa hari kemudian gue selalu pesen minuman dari tempat Tante Yani. Pertama, karena jelas lebih aman karena itu teh asli. Kedua, gue penggemar teh. Itu aja sih. Walaupun gue juga penggemar minuman manis kemasan. Tapi kalau ada yang asli, why not?

Tadi siang si Tante nyeletuk pelan.. “Si Iwan manyun sekarang karena aku nyediain the Ty..” Oya Nte?? Saut gue. “Iya.. soalnya orang banyak juga yang mesen..”…

Si Tante sempet nawarin temen gue Mbak Hesti dengan minuman yang di jual di Iwan. “Minum Teh Botol aja ya?” tawar si Tante. Saking ga enaknya kali ya sama Iwan.

………………………….




Sejak ada 2 kejadian itu gue jadi suka mikir. Kok sampe segitunya ya...

Kata beberapa orang sih “udah biasa Sty.. namanya juga persaingan orang dagang”.

Tapi pikiran seorang awam dan belum pengalaman berbisnis gue rada gak bisa terima. Bukannya rejeki itu ada yang “ngatur” ya? Toh banyak yang masih bisa beli minuman dan naik ojek sesuai dengan yang mereka mau? Jadi gak perlu sampai ada persaingan secara ‘kurang’ sehat begitu..

Belum lagi, suka denger dari rumpian orang2 yang bilang, Restoran A kan punya “Jimat” biar pengunjungnya rame. Atau, tukang Gado Gado itu kan “nyugih” hanya demi melariskan makanan dagangannya. Makanya makanannya enak2, karena ada “sajennya”.

Pikiran seorang gue yang lugu akan dunia bisnis ini juga kurang paham. Emang gak bisa ya memajukan bisnis / melariskan dagangan kita dengan cara memperhatikan kualitas??

Contohnya, resep makanan dibuat sedemikian rupa supaya kualitas rasanya enak dan pengunjung juga puas makan disana dan selalu datang di kemudian harinya.

Dalam hal narik ojek, cobalah dengan cara memperhatikan kualitas pengendaranya seperti, nyetir gak ugal ugalan, helm bersih, motor terawat rapi.. walaupun gak harus motor baru, tapi paling enggak, terurus dengan baik. Jadi bukan gak mungkin penumpang senang naik ojek.

Dan dari situ kita kembalikan lagi kepada niat kita menjalankan bisnis. Kalau tujuan dan niatnya baik, cari duit halal, bukan gak mungkin kan Tuhan akan beri kita jalan rezeki??

Terlepas dari ke-sok tauan gue soal berbisnis, ini sih gak bermaksud apa2. Namanya juga Blog. Buat gue untuk menuangkan pikiran. Kalau memang di akhir posting elo gak bisa nemu solusi, ya memang gue gak pengen bahas ini. Justru gue butuh opini dari yang ngerti ginian :) Kalau berkenan, silakan comment.

Mudah2an Allah memberkati rezeki kita semua…

2 comments:

Adhini Amaliafitri said...

setauku, tukang ojek banyak yang gitu mbak. Ya, biasalah itu di dunia per-ojekan. Tapi kalau orang jual makan, belum pernah mengalami hal serupa.

Ya, namanya orang wajar ada kekuatiran kaya gitu. Cuma balik lagi kalau yang namanya rezeki itu tak akan tertukar kalau sudah diberikan porsi masing2 olehNya.

Intinya kaya yg kamu blg, Kalau tujuan dan niatnya baik, cari duit halal, bukan gak mungkin kan Tuhan akan beri kita jalan rezeki??

Bahkan pintu rezeki yang lain bisa ikut terbuka kan? Jangan lupa juga untuk menyisihkan bagi yang kurang mampu. Pasti makin deres rezekinya.

Eniwe, postinganmu yg ini menyejukan otakku yg lagi ruwet mbak cantik! Tanggal tua soalnya, hahahaa ^^

isty said...

Apa hubungannya Dhin, postingan ini dan tanggal tua??? *oneng*kumat*